Senin, 08 Februari 2016

ARSITEKTUR KOMPUTER

BY Afrizal IN No comments



TUGAS
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
(“Dafinisi Arsitektur Komputer”)

A.    Definisi



Definisi arsitektur computer adalah ilmu yang mempelajari  interkoneksi antara berbagai komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat menciptakan sebuah computer yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional,kerja dan target biayanya. Bisa disebut juga dalam istilah lain bahwa arsitektur computer adalah konsep perencanaan dalam  sebuah sistem computer.

Jadi, arsitektur computer merupakan bahan dasar untuk merancang computer. Arsitektur computer tidak hanya mempelajari tata letak perangkat computer ,namun juga atribut-atribut dari dalam sebuah perangkat computer, atribut-atribut computer itu antara lain set insyruksi,jumlah bit yang dipakai untuk mengoprasikan beberapa jenis data,jenis aritmatika yang dipakai,mekanisme I/O,teknik pengalamatan dl.




B.     Pembagian Arsitektur Komputer

 
Arsitektur computer terbagi mejadi dua yaitu :

Arsitektur set Instruktur Menentukan pemrograman kompueter yang berkaitan dengan perangkat lunak computer.
Arsitektur Sistem Perangkat Keras-Menentukan beberapa perangkat computer yang berbasiskan hardware.

Berikut adalah gambar abstraksi dari sebuah arsitektur komputer dan hubungannya dengan bagian perangkat keras, firmware, assembler, kernel, sistem operasi, dan perangkat lunak aplikasinya.



Sekali lagi arsitektur komputer ini merupakan konsep perencanaan dan struktur pengoprasian dasar dari suatu sistem computer. Arsitektur komputer merupakan rencana blue print dan deskripsi fungsionalitas dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain. Dalam hal ini implementasi perencanaan masing-masing bagian akan lebih difokuskan terutama mengenai bagaimana CPU akan bekerja,dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache,RAM,ROM,cakram keras,dll.beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann,CISC,RISC,blue Gene,dll. Arsitektur komputer ini paling tidak memiliki 3 sub-kategori:
1.Set Instruksi(ISA)
2. Arsitektur mikro dan ISA
3.Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.




C.     Main Map Arsitektur Komputer.
Dalam Bentuk Main Map dapat dijelaskan sebagai berikut











 Sumber : :
https://www.google.com/search?q=organisasi+dan+arsitektur+komputer


0 komentar:

Posting Komentar